RPP

Program Keahlian               : Semua Jurusan

Mata Pelajaran                    : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester                   : XII/ 1

Alokasi Waktu                      : 45 menit

Standar Kompetensi           : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan

lingkungan dan amdal

Kompetensi Dasar              : Mengidentifikasi komponen ekosistem

Indikator                                                : Siswa dapat menjelaskan interaksi antar komponen biotik

: Siswa dapat menjelaskan peranan suatu mahluk hidup sebagai komponen ekosistem

  1. A. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
  2. Metode          : diskusi dan ceramah ekspositori
  3. 2. Pendekatan  : Konseptual Learning

  1. B. Kegiatan Pembelajaran
  2. Pembukaan (10 menit)
  • Siswa dicek kehadirannya
  • Siswa dibagi menjadi 5 kelompok besar
  • Siswa mengumpulkan resume tentang materi yang akan dibahas yang berasal dari berbagai sumber
  • Siswa diberikan penjelasan pentingnya manfaat belajar IPA dengan memunculkan pertanyaan “ Dapatkah kita hidup tanpa bantuan alam?, Bagiamana caranya mengenal Alam sekitar?
  • Siswa didengarkan lagu tentang manfaat alam (koesplus : kolam susu)
  • Siswa mengulas makna yang terkandung di dalam lagu.
  1. Kegiatan inti (30 menit)
  • Siswa diberikan pertanyaan, “Bagiamana semut dapat bertahan hidup?”
  • Siswa diberikan penjelasan ketergantungan mahluk hidup yang satu dengan yang lainnya
  • Siswa diberikan istilah-istilah tentang interaksi
  • Siswa diberikan penjelasan tentang peranan mahluk hidup dalam ekosistem
  • Siswa diberikan video tentang interaksi antar mahluk hidup
  • Siswa mengulas dan mencatat bentuk-bentuk interaksi antar komponen biotik berdasarkan video yang ditayangkan
  • Kelompok siswa yang satu mengomentari hasil identifikasi kelompok lain
  1. Penutup ( 5 menit)
  • Siswa diberikan kesempatan untuk menyimpulkan hasil pembelajaran
  • Siswa diberikan tes lisan
  • Siswa diberikan tugas untuk merekam interaksi antar komponen biotik menggunakan Handphone dan membuat resume materi selanjutnya
  1. C. Media dan Sumber Pembelajaran
  2. Media             : infocus dan power point
  3. Buku sumber Pembelajaran
  • Buku IPA SMK kelas XII  terbitan Yudistira dan Erlangga
  1. D. Alat Evaluasi
  2. Jelaskan perbedaan antara bentuk interaksi simbiosis mutualisme dengan kompetisi!
  3. Jelaskan peranan tumbuhan sebagai salah satu komponen ekosistem!

Diterbitkan oleh

mujidinahmad

bekerja Tekun adalah Modal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s